top of page
Search

HOT The Liang Gie Pengantar Filsafat Ilmu Pdf: Tinjauan Umum dan Ulasan Kritis dari Buku Filsafat Il



Liputan6.com, Jakarta Pengertian filsafat tentu perlu dipahami, apalagi bagi kamu yang ingin mendalaminya. Filsafat adalah cabang ilmu yang mengkaji tentang masalah mendasar dalam kehidupan. Filsafat sering juga disebut dengan filosofi.




HOT The Liang Gie Pengantar Filsafat Ilmu Pdf



Dalam dunia ilmu pengetahuan, filsafat atau filosofi merupakan salah satu ilmu tertua. Filsafat adalah pandangan dunia yang sistematis. Bahkan, banyak pandangan yang menyatakan bahwa filsafat adalah dasar dari segala ilmu.


Filsafat adalah pemikiran dengan cakupan yang kompleks dan terkadang sulit dimengerti. Tujuannya adalah untuk memperdalam pemahaman. Sesuai dengan fokus pemahamannya, filsafat juga memiliki beberapa cabang ilmu.


Istilah Yunani ini terdiri dari kata philos yang berarti cinta atau sahabat dan kata sophia yang berarti kebijaksanaan, kearifan atau pengetahuan. Jadi, menurut asal usul katanya, pengertian filsafat adalah cinta pada kebijaksanaan atau cinta pada kebenaran yang dalam hal ini kebenaran ilmu pengetahuan.


Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hukumnya. Filsafat juga dimaknai sebagai n teori yang mendasari alam pikiran atau suatu kegiatan, dan n ilmu yang berintikan logika, estetika, metafisika, dan epistemologi.


Pengertian filsafat adalah tidak lebih dari suatu usaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terakhir, tidak secara dangkal atau dogmatis seperti yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari dan bahkan dalam ilmu pengetahuan.


- Estetika. Estetika merupakan cabang ilmu filsafat yang membahas keindahan. Estetika adalah ilmu yang membahas bagaimana keindahan dapat terbentuk, serta bagaimana dapat merasakannnya.


D. Perkembangan Ilmu Sosial dalam SejarahDalam perkembangan sejarah, Ilmu Sosial tumbuh dari filsafat moral. Ilmu sosial mencakup sosiologi, antropologi, psikologi, geografi sosial, sejarah, bahkan politik. Pada awalnya istilah ilmu sosial tidak diterima di kalangan akademis, terutama di Inggris. Ilmu sosial hanya sering dipakai untuk mendefinisikan sosiologi atau teori sosial sintetis.Menurut Auguste Comte dalam Science Sosial, dari Charles Fourier (1808), menyatakan bahwa metode ilmu sosial yang disebut dengan fisika sosial sama sekali tidak berbeda dengan ilmu-ilmu alam. Penggunaan metode ilmu sosial yang digagas oleh Auguste Comte mengambarkan metodologis tentang ilmu-ilmu sosial. Emile Durkheim (1895) serta Vilfredo Pareto (1916) mempelopori sebuah tradisi seperti ini. Durkheim mempelajari mengenai fakta-fakta sosial sedangkan Pareto menstimulasi pemikiran metaforis dan teori-teori spesifik.Selanjutnya, menurut Wallerstein, dalam sejarah ilmu sosial setelah yunani dan romawi kuno terdapat proses institusionalisasi pada abad ke-19, di lima lokasi utama aktivitas ilmu sosial, yakni Inggris, Perancis, Jerman, Italia, dan Amerika Serikat. Sampai hari ini, sebagian karya-karya besar dari abad ke-19 masih ada. Disiplin Ilmu sosial pertama yang mencapai eksistensi institusional otonom adalah Ilmu sejarah, walaupun banyak sejarawan secara antusias menolak label Ilmu sosial. Ilmu sejarah memang suatu praktik yang sudah berlangsung lama, dan terminologi sejarah juga sangatlah kuno. Dilanjut Ilmu Ekonomi, bersamaan dengan itu pada abad ke 19 juga berkembang muncul disiplin ilmu sosiologi. Fase selanjutnya berkembang ilmu politik.Meskipun terdapat perbedaan pendapat mengenai ilmu sosial menurut beberapa tokoh, kenyataannya ilmu sosial mengarah pada pemahaman yang sama bahwa ilmu sosial mempelajari perilaku dan aktivitas sosial dalam kehidupan di masyarakat. 2ff7e9595c


0 views

Recent Posts

See All

Euro truck simulator 2 android

Euro Truck Simulator 2 Android: como jogar o popular jogo para PC no seu dispositivo móvel Introdução Se você é fã de jogos de simulação, provavelmente já ouviu falar do Euro Truck Simulator 2, um dos

bottom of page